kota MAGELANG dan KEINDAHANNYA

LETAK KOTA MAGELANG

Kota ini terletak di tengah kabupaten Magelang. Karena memang dulunya Kota Magelang adalah ibukota dari Kabupaten Magelang sebelum mendapat kebijakan untuk mengurus rumah tangga sendiri sebagai sebuah kota baru. Kota Magelang memiliki posisi yang strategis, karena berada di jalur utama Semarang-Yogyakarta. Kota Magelang berada di 15 km sebelah Utara Kota Mungkid, 75 km sebelah selatan Semarang, dan 43 km sebelah utara Yogyakarta

1. Ketep Pass

Ketep Pass
Ketep Pass

Ketep Pass terletak di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan. Ketep Pass ini berada di jalur SSB (Solo Selo Borobudur), Ketep Pass merupakan salah satu tempat wisata di Magelang yang banyak disukai wisatawan. Objek wisata di Magelang ini menawarkan Anda pemandangan gunung dan bukit yang sangat indah dan tidak kalah pula adanya hamparan pertanian yang menarik. Ketep Pass mempunyai sejumlah fasilitas wisata menarik, di antaranya seperti Bioskop Mini, Museum Vulkanologi, Teropong, Pelataran Panca Arga dan Gardu Pandang

2. Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng
Taman Kyai Langgeng

Taman yang berluaskan 28 hektar ini mempunyai aneka koleksi tanaman langka, patung-patung dinosaurus dalam ukuran yang asli, prototipe pesawat terbang, hingga dengan berbagai fasilitas permainan. Suasana udaranya yang segar dengan pepohonan hijau menjadikan taman ini banyak disukai sebagai salah satu destinasi wisata keluarga. Letaknya yang sekitar 1 km dari arah selatan pusat kota Magelang, Taman Kyai Langgeng juga merupakan tempat bermain anak di Magelang dengan permainan kolam renang, jetcoster dan lain-lainnya. Obyek wisata ini terletak sekitar 19 Kilometer dari Candi Borobudur, 35 kilometer dari Kopeng atau 50 Kilometer dari Candi Pramabanan dan 42 kilometer dari Monumen Jogja Kembali. Di Taman Kyai Langgeng, khususnya pada hari libur anda akan disuguhi dengan berbagai atraksi kesenian daerah maupun musik, selain arena permainan untuk anak-anak dan keluarga. Lebih jauh, kunjungi http://www.taman-kyailanggeng.com, di sebelah Taman ini terdapat fasilitas Arung Jeram Progo Asri, dikhususkan bagi mereka yang menyukai petualangan dengan menelusuri Sungai Progo. Sepanjang 9 kilometer kita akan menikmati suasana pedesaan di tepian Sungai Progo sekaligus menikmati jeram-jeramnya. Petualangan ini bisa dinikmati setiap hari dari pukul 08.00 sampai 14.00 tentu saja dengan melihat kondisi perairan di Sungai Progo. Anda akan didampingi oleh pemandu yang telah berpengalaman serta memperoleh fasilitas lain seperti makan, asuransi dan tranportasi kembali ke pos pemberangkatan.
3. Alun-Alun Kota Magelang

Alun-Alun Kota Magelang
Alun-Alun Kota Magelang

Dari alun-alun ini orang dapat menjangkau Pecinan atau Jl. Pemuda. Kawasan Pecinan merupakan salah satu kawasan pusat perdagangan di Kota Magelang, yang sudah ada sejak zaman pemerintah Kolonial Belanda. Ini dia landmark yang menjadi kebanggaan masyarakat di Magelang. Adanya patung Pangeran Diponegoro yang sedang menaiki kuda dengan gagah perkasa seolah-olah menyambut kedatangan Anda untuk menuju ke tempat ini. Alun-Alun Kota Magelang adalah sebuah kawasan yang populer. Alun-Alun Kota Magelang menjadi tempat yang tepat bagi Anda yang ingin menikmati kuliner khas Magelang hingga mencoba wisata belanja di sekitar kawasan alun-alun.

4. Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang
Air Terjun Kedung Kayang

Jika dari Gardu Pandang Ketep Pass, Air Terjun Kedung Kayang ini hanya berjarak sekitar 3 km. Air terjun ini ketinggiannya mencapai 40 meter dan terletak di antara gunung Merapi dan gunung Merbabu. Air Terjun Kedung Kayang cukup dingin dan memiliki aliran yang deras. Harga tiket masuk Air Terjun Kedung Kayang adalah Rp 2.500 per orang.

5. Arung Jeram di Sungai Progo Atas

Arung Jeram di Sungai Progo Atas
Arung Jeram di Sungai Progo Atas

Disinilah Anda bisa melakukan kegiatan arung jeram yang sangat menarik di Magelang. Sungai Progo Atas ini terletak di Perumahan Griya Tok Songo, Kota Magelang. Aliran Sungai Progo atas sepanjang 12 km, durasi waktu melakukan arung jeram di sungai ini sekitar 2,5 jam hingga 3 jam.

Arung jeram sungai Progo terbagi menjadi beberapa rute, yaitu arung jeram sungai Progo bagian Hulu, arung jeram sungai Progo bagian Atas dan arung jeram Sungai Progo bagian Bawah. Sungai Progo Hulu dan sungai Progo Atas letaknya di wilayah Magelang, sedangkan Sungai Progo Bawah ada di kabupaten Kulon Progo, Jogjakarta. Bagi Anda yang suka akan tantangan air, Anda bisa mencoba Sungai Progo ini dan menaklukkannya.

6. Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit
Air Terjun Sekar Langit

Bagi Anda yang suka dengan wisata alam, air terjun sekar langit ini wajib Anda kunjungi. Suasana pegunungan yang sejuk, air yang jernih serta pemandangan alam yang menawan  menjadi daya tarik tersendiri di Air Terjun Sekar Langit. Ketinggian Air Terjun Sekar Langit sekitar 30 meter, tentunya ukuran ini cukup tinggi untuk sebuah air terjun. Harga tiket masuk ke Air Terjun Sekar Langit terbilang sangat murah. Untuk pemakai kendaraan roda dua akan dikenakan biaya sebesar Rp 2000, sedangkan untuk pengguna kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp 3000.

7. Bukit Tidar

Bukit Tidar
Bukit Tidar

Bukit Tidar merupakan Bukit yang terletak di Bagian Magelang Selatan dan terletak di dalam kompleks Akademi Militer, dan terkenal sebagai Paku pulau jawa, di sini juga terdapat beberapa makam dan petilasan leluhur masyarakat Magelang; salah satunya adalah petilasan penyebar agama Islam di Jawa Tengah yakni petilasan Syekh Subakir dari Persia. Bukit Tidar memang tidak terlalu tinggi, tapi pohon-pohonan di sini berfungsi sebagai paru-paru kota sehingga udara Kota Magelang selalu segar,dari sini juga anda dapat menikmati pemandangan Kota Magelang dari atas Tugu Akademi Militer. Letak Bukit Tidar tepatnya di Kelurahan Magersari, kecamatan Magelang Selatan. Untuk mengunjunginya anda bisa melewati dua jalan,yaitu lewat Pasar Burung dan lewat samping Akademi Militer dengan naik angkot jalur 6, 8, 10, dari Terminal Soekarno-Hatta turun di Perempatan Pasar Burung, untuk melalui jalan samping Akademi Militer anda dapat melanjutkan perjalanan dengan angkot jalur 2 setelah turun di Shopping Centre. Sekarang telah dibangun jalan pintas menuju bukit tidar tempatnya di belakang terminal lama.

8. Taman Badaan

Taman Badaan
Taman Badaan

Taman yang berlokasi di Jalan Pahlawan ini merupakan taman yang sering dikunjungi setelah Taman Kyai Langgeng. Perbedaannya Taman Badaan ini terpusat untuk rekreasi anak yang banyak dipenuhi patung jerapah, gajah dan hewan lain. Disini, Anda juga bisa menikmati jajanan kuliner di sekitar taman badaan ini.

9. Wisata Belanja di Pecinan

Wisata Belanja di Pecinan
Wisata Belanja di Pecinan

Ini dia tempat yang cocok bagi Anda yang suka wisata belanja, Tempat ini wajib Anda kunjungi ketika berkunjung ke Magelang yaitu terletak di jalan pemuda, pecinan. Pecinan terdiri atas 2 ruas jalan. Ruas pertama adalah ruas jalan untuk kendaraan bermotor yang merupakan ruas jalan satu arah. Sedangkan satunya lagi merupakan jalan khusus untuk becak. Ruas jalan ini dulunya dilalui kereta api yang kini sudah tidak ada lagi di Magelang. Pecinan ini merupakan pusat niaga yang ada di Magelang, maka tidak heran jika banyak orang yang menyebut pecinan ini sebagai malioboro nya magelang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s